♺ Google is the best teacher ♺ | University of Gunadarma IT ☺

Mengganti Gnome Shell Dock dengan AWN

Gnome Shell bagi sebagian pengguna terutama bagi newbie memang masih memerlukan penyesuaian dalam mengunakannya. Terkadang sepertinya Desktop Gnome 3 ini tidak memfasilitasi klik kanan, dan Application Docknya gede banget dan susah diatur. Namun kita dapat mempercantik tampilan Dock Gnome 3 dan membuat Desktop bisa melakukan klik kanan. Caranya adalah dengan mengatur Desktop dengan Gnome Tweak Tool dan memasang Avant Window Navigator.

Avant Window Navigator


Fedora Linux dan distro-distro linux lainnya memiliki berbagai paket Dock, namun yang paling mudah digunakan dan bagus adalah Avant Window Navigator yang lebih dikenal dengan AWN. AWN dapat menampilkan aplikasi yang sedang dipakai (menggantikan window list) dan juga menyimpan launcher aplikasi. Dock ini dapat diset untuk tampil pada bagian bawah, kiri, kanan atau atas pada Desktop. Kali ini AWN akan dipasang pada sisi Kanan untuk menggantikan Gnome Shell Extension Dock yang statis dan kaku.

Instalasi Avant Window navigator cukup mudah dengan cara, mengetikkan sebaris perintah untuk memasang Avant Window Navigator dan AWN Applet Extras sekaligus.

[canmasagi@localhost ~]$ sudo yum install  avant-window-navigator awn-extras-applets

Mendandani Gnome3 Desktop


Sebelum mengkatifkan Avant Window navigator, terlebih dahulu hapus Gnome Shell Extension Dock yang sudah terlanjur dipasang dengan menggunakan Gnome Tweak Tools.


Untuk me-non-aktif-kan Dock pada Gnome Shell, cukup dengan mengubah tombol on/off pada Gnome Tweak Tool, dilanjutkan dengan melakukan refresh Desktop Gnome Shell dengan cara memijit tombol Restart atau kombinasi tombola Alt+F2 dilanjutkan dengan memijit tombol r lalu tekan enter.


Gnome Shell Extension Dock akan menghilang segera setelah tombol Restart di klik seperti gambar berikut:


Tahap selanjutnya adalah mengaktifkan Avant Window Navigator dan meletakkannya di sebelah kanan layar desktop persis tempat Gnome Shell Extension Dock ditempatkan. Caranya adalah dengan mengklik tombol Activities dan klik Avant Window Navigator.


Avant Window Navigator akan muncul pada bagian bawah Desktop Gnome Shell, klik ikon Dock Preferences paling kanan.


Pada Dock Preferences dapat diatur semua hal yang kita inginkan seperti, letak dock, ukuran icon, efek, applets dan bahkan theme Avant Window Navigator itu sendiri.


Avant Window Navigator akan cepat bereaksi begitu aturan setting kita ubah-ubah, tidak memerlukan restart seperti Gnome Shell. Selain itu kita dapat menambahkan Aplikasi yang sedang berjalan sebagai Application Launcher pada Dock. Klik kanan pada Icon Aplikasi yang muncul pada AWN Dock, pilihlah Add as Launcher. Nantinya jika aplikasi tersebut ditutup akan tetap berada pada Dock, namun tidak memiliki tanda segitiga di pinggirnya.

Applet AWN yang paling dicari untuk menampilkan Menu adalah applet AWN Main Menu, jika ingin menu yang tradisional seperti Desktop Gnome biasanya bisa menggunakan Cairo Main Menu. Di bawah ini adalah aksi AWN Main Menu yang lebih cantik.


Melalui AWN ini permasalahan akses ke Menu dan mengelola Application Launcher menjadi lebih mudah dan kontrol pada desktop bisa dikendalikan penuh tanpa harus mengakses Application Shortcut pada Workspace Activities.

source : http://canmasagi.tripelpley.com/2011/06/mengganti-gnome-shell-dock-dengan-awn/
  • Mengganti Gnome Shell Dock dengan AWN
  • Unknown
  • Nov 6, 2011
  • No comments:
 

0 comments:

Post a Comment

silahkan tinggalkan komentar anda disini .. :D