♺ Google is the best teacher ♺ | University of Gunadarma IT ☺

Panduan singkat pasca instalasi Fedora 15

Fedora 15 telah dirilis dan dapat digunakan untuk penggunaan sehari-hari. Rilis ini memakai GNOME 3 sehingga perlu penyesuaian bagi pengguna meski sudah terbiasa dengan Fedora. Media instalasi yang ditawarkan cukup banyak mulai dari Fedora 15 Live CD yang dapat dipakai untuk membuat Fedora 15 Live USB.   
Pembuatan Fedora 15 Live USB dapat menggunakan Fedora Live USB Creator pada MS Windows atau Fedora 14. Selain itu dapat juga menggunakan LiLi atau Linux Live USB Creator yang berjalan di Windows pula. Bagi yang ingin menginstal fresh dapat mengunduh DVD Media Installer dengan menggunakan Metalink, minta ke teman di Fedora ID, atau nunggu Majalah InfoLinux memberikan Bonus DVD Fedora 15 beserta Extras-nya.
Diasumsikan Fedora 15 telah terinstall dan memerlukan proses pasca instalasi, seperti memasang repo tambahan, java runtime libraries dari Oracle, memasang Google Chrome, Netbeans 7, driver VGA nVidia (khabarnya Ati sedang mengumpulkan Linux Developer buat bikin dirve Ati Linux) dan multimedia codecs. Pada Fedora 15, setting sudo sudah dibawa semenjak instalasi itupun jika kita mencentang akses sudonya.

Memasang Repo tambahan

RPM Fusion

Repo tambahan yang utama di Fedora adalah RPM Fusion, selain itu ada Repo yang perlu diperhatikan untuk keperluan server yaitu Remi Collet. RPM Fusion dapat diperoleh di RPMFusion.org dan untuk memasang reponya adalah sebagai berikut (sampai tulisan ini dibuat pada tanggal ini masih untuk Rawhide):

 su -c 'yum localinstall --nogpgcheck http://download1.rpmfusion.org/free/fedora/rpmfusion-free-release-stable.noarch.rpm http://download1.rpmfusion.org/nonfree/fedora/rpmfusion-nonfree-release-stable.noarch.rpm'

Remi Collet

Untuk setup Remi Collet repository cukup copas perintah ini pada terminal:

$sudo rpm -Uvh http://rpms.famillecollet.com/remi-release-15.rpm

Adobe

Adobe repository digunakan untuk menginstal flash plugin untuk web browser, Adobe Reader Linux dan Adobe Air.

$sudo rpm -ivh http://linuxdownload.adobe.com/adobe-release/adobe-release-i386-1.0-1.noarch.rpm
sudo rpm --import /etc/pki/rpm-gpg/RPM-GPG-KEY-adobe-linux




VirtualBox

VirtualBox versi OSE sudah terdapat pada repo RPMFusion, namun jika ingin menggunakan VirtualBox versi Oracle buat terlebih dahulu repo virtualbox.repo dan simpan pada direktori /etc/yum.repos.d/.

[virtualbox]
name=Fedora $releasever - $basearch - VirtualBox
enabled=1
gpgcheck=1

DropBox

Dropbox adalah layanan online untuk menyimpan file, backup, sinkronisasi dan berbagi secara online sehingga file tersebut dapat diakses dari mana saja termasuk di berbagai PC/Notebook dan bahkan HP Android atau iPhone. Sampai saat ini dropbox belum dapat diinstall dengan menggunakan repository.

Aplikasi bantu instalasi paket

Paket aplikasi, pustaka dan plugins di Fedora dapat diinstal dengan menggunakan perintah yum pada terminal konsol, namun bagi pengguna pemula yang masih enggan memakai konsol dan ingin mudah memasang aplikasi dapat menggunakan Yum Extender atau Yumex. Sambil memasang Yumex ada bagusnya memasang plugins yum seperti yum-fastestmirror secara bersamaan.

$sudo yum install yumex yum-fastestmirror
  

Plugins dan Pustaka

Fedora 15 dijamin tidak akan mau memutar file-file multimedia non Open Source seperti mp3, mp4 dan lain-lain. Fedora hanya memutar file-file multimedia open source seperti ogg dan flac. Untuk itu perlu dilakukan pemasangan plugins yang terdapat pada repo pihak ketiga yang dibahas di atas.

Memasang Plugin MP3 dan Video

Agar mp3 dapat diputar di Fedora 15 perlu menambahkan plugin gstreamer-plugins-ugly untuk aplikasi Gnome seperti RythmBox atau Exaile yang menggunakan library gstreamer:

$sudo yum install gstreamer-plugins-ugly

Untuk aplikasi KDE seperti amarok yang menggunakan library xine dapat memasang xine-lib-extras-freeworld


$sudo yum install xine-lib-extras-freeworld

Kodek Multimedia

Untuk dapat menonton movie ataupun DVD, kita dapat memasang mplayer, mencoder dan smplayer sebagai front-endnya.


$sudo yum install mplayer mencoder smplayer

Memasang Plugin Flash untuk Web Browser

Memasang flash plugin untuk web browser lebih cepat dilakukan dengan mengetikan perintah berikut pada terminal konsol dibandingkan menggunakan Yumex.

$sudo yum install flash-plugin

Java Library

Fedora menggunakan OpenJDK sebagai java librarynya. Namun beberapa aplikasi seperti NetBeans 7, Aptana 3 dan beberapa aplikasi Java lainnya lebih membutuhkan Library JDK dari Oracle (dulunya SUN JDK). Oracle JDK tidak terdapat pada repository manapun, dan harus diunduh dari situs Java Developer Web Site. Pilih Java SE Download dan klik Download JDK untuk mengunduh paket instalasi biner (jdk-6u26-linux-i586.bin). Sebelum instalasi pasang dulu beberapa paketpustaka compat-libstdc++-33-3.2.3-68.i686 dan compat-libstdc++-296-2.96-143.i686 yang dibutuhkan:

sudo yum install compat-libstdc++-33 compat-libstdc++-296 

Setelah itu bisa melakukan instalasi JDK, masuk ke direktori tempat paket biner hasil unduhan dan ubah permissionnya menjadi executable (lakukan sebagai root)

 #cd /home/namauserkamu/Downloads
#chown +x jdk-6u26-linux-i586.bin


Pindahkan file tersebut ke diretori /opt dengan perintah move

#mv jdk-6u26-linux-i586.bin /opt/

Pindah ke direktori /opt dan lakukan perintah shell untuk memekarkan file jdk-6u26-linux-i586.bin



#cd /opt/
#sh jdk-6u26-linux-i586.bin

Tunggu beberapa saat sampai selesai.
Lakukan konfigurasi supaya Fedora mengelai java dari Sun JDK

#/usr/sbin/alternatives --install /usr/bin/java java /opt/jdk1.6.0_26/jre/bin/java 20000

Lakukan link untuk plugin JRE di Firefox

#/usr/sbin/alternatives --install /usr/lib/mozilla/plugins/libjavaplugin.so libjavaplugin.so /opt/jdk1.6.0_26/jre/lib/i386/libnpjp2.so 20000 

[ywandanoe@client-fc yum.repos.d]$ /usr/sbin/alternatives --config java
There are 3 programs which provide 'java'.
Selection Command
 -----------------------------------------------
1           /usr/lib/jvm/jre-1.6.0-openjdk/bin/java
2           /usr/lib/jvm/jre-1.5.0-gcj/bin/java
*+ 3           /opt/jdk1.6.0_25/jre/bin/java
Enter to keep the current selection[+], or type selection number:

Cek konfigurasi JRE Plugin untuk Web Browser,

[ywandanoe@client-fc yum.repos.d]$ /usr/sbin/alternatives --config libjavaplugin.so
 There is 1 program that provides 'libjavaplugin.so'.
Selection    Command
-----------------------------------------------
*+ 1           /opt/jdk1.6.0_25/jre/lib/i386/libnpjp2.so
Enter to keep the current selection[+], or type selection number:

Adobe Reader dan Adobe Air

Pembaca dokumen portabel (PDF) bawaan Fedora adalah Evince, namun jika ingin memiliki Adobe Reader di Fedora bisa memasangnya dengan perintah yum. Selain itu jika ingin memasang dan menggunakan aplikasi Air dapat pula dipasang Adobe Air:

$sudo yum AdobeReader_enu adobeair

Google Chrome

Google Chrome merupakan Web Browser wajib ada di linux selain Firefox 4, namun Google Chrome lebih mudah dipasang memakai paket RPM. Keuntungannya ketika instalasi Google Chrome dari paket RPM secara otomatis Google Repo ditambahkan ke direktori /etc/yum.repos.d/. Sebelum memasang Google Chrome perlu dipasang dahulu paket redhat-lsb.

$sudo yum install redhat-lsb

Setelah menungunduh paket instalasi RPM Google Chrome, lakukan instalasi dengan perintah RPM,

$sudo rpm -ivh google-chrome-stable_current_i386.rpm

Alternatif untuk Web Browser Google Chrome adalah Chromium Web Browser dan tersedia repositorynya melalui Fedora People.

Driver vga card nVidia

Bagi PC dan Notebook yang memiliki kartu grafis nVidia dapat membaca Instalasi Driver VGA nVidia di Fedora 15. Semenjak instalasi awal Fedora 15 sudah dilengkapi dengan driver nVidia open source bernama Galium. Untuk memaksimalkan akselerasi 3D terutama untuk main game Linux lebih baik memasang kernel module (driver) nVidia di Fedora 15.


source : http://canmasagi.tripelpley.com/2011/05/pasca-instalasi-fedora-15-mau-ngapain-2/
  
 
           
 








  • Panduan singkat pasca instalasi Fedora 15
  • Unknown
  • Nov 6, 2011
  • No comments:
 

0 comments:

Post a Comment

silahkan tinggalkan komentar anda disini .. :D