♺ Google is the best teacher ♺ | University of Gunadarma IT ☺

Definisi dan Penerapan Komputasi Modern pada File Hosting MEGA

Definisi dan Penerapan Komputasi Modern pada File Hosting MEGA


                              Nama    : Alfian Fachrudin
                              NPM     : 50410531
                              Kelas     : 4IA15
                              Alamat  : mb3e.blogspot.com
                              E-Mail   : alfiansfuneral@gmail.com

Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri
Universitas Gunadarma




Abstraksi

Komputasi modern adalah perhitungan yang menggunakan komputer canggih dimana pada komputer tersebut tersimpan sejumlah algoritma untuk menyelesaikan masalah perhitungan secara efektif dan efisien. Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu. Contoh jenis Komputasi Modern yang saat ini dikenal adalah Mobile Computing, Cloud Computing, Jaringan Syaraf Tiruan dan Grid Computing.


Pendahuluan

Dewasa ini, perkembangan teknologi komputer saat ini memiliki banyak manfaat terutama dalam aktifitas manusia di kehidupan sehari-hari. Antara lain yaitu sebagai media informasi dan komunikasi. Oleh karena itu komputer banyak digunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan manusia. Suatu pekerjaan akan lebih efektif dan efisien jika pekerjaan tersebut dibantu dengan penggunaan komputer dalam mengolah data atau informasi sehingga dapat menghemat waktu.

Salah satu contoh perkembangan teknologi saat ini yaitu komputasi modern. Komputasi modern digunakan untuk penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains).mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut.


Metodologi Penelitian 

Metode yang digunakan dalam penulisan ini terbagi menjadi 3 tahapan yaitu tahap yang pertama adalah mengidentifikasi masalah yang ada. Kemudian tahapan berikut nya yaitu mempelajari dan mengumpulkan sumber-sumber pustaka. Dan tahapan yang terakhir yaitu melakukan analisa terhadap masalah yang dihadapi.


Pembahasan

Cloud computing adalah kumpulan dari beberapa resources yang terintegrasi menjadi satu dan digunakan melalui web.


Sebenarnya, cloud computing ini didasarkan pada teknologi grid computing yang membuat skalabilitas suatu sistem komputasi menjadi sangat besar dengan cara menggabungkan beberapa sumber daya komputer menjadi satu resource.
Sehingga tidak salah jika ada orang yang megnatakan cloud computing adalah grid computing yang digabungkan dengan virtualisasi.
Cloud Computing dibagi menjadi berikut ini: 


  1. Software as a Service (SaaS)
  2. Platform as a Service (PaaS)
  3. Infrastructure as a Service (IaaS)

Sejarah 

Cloud computing telah berkembang sejak tahun enam puluhan berdampingan dengan perkembangan internet dan web. Internet lebih cepat berkembang karena perkembangan bandwidth yang semakin besar. Perkembangan internet inilah yang menjadi pendorong berkembangnya teknologi cloud computing. Pada tahun di tahun 1999, Salesforce.com menjadi pencetus pertama aplikasi perusahaan yang dijalankan melalui internet. Selanjutnya diikuti oleh Amazon Web Services di tahun 2006 yang menggunakan teknologi Elastic Compute Cloud (EC2). Teknologi EC2 menyebabkan adanya situs layanan web yang dikomersialkan, sehingga memungkinkan perusahaan kecil / individu untuk menyewa komputer atau server agar dapat menjalankan aplikasi komputer mereka. Di tahun 2009, Google memulai menawarkan aplikasi berbasis browser melalui Google Appsnya, yang salah satunya adalah Google Docs yang sering kita gunakan. Sampai saat ini, cloud computing masih terus berkembang dengan pesat mengingat manfaatnya yang begitu besar jika teknologi ini digunakan.


Implementasi

Mega.co.nz adalah layanan Cloud Storage dan File Hosting yang berasal dari Selandia Baru. MEGA telah ditemukan dan didirikan oleh Kim Dotcom (nama asli nya Kim Schmitz) pada tanggal 19 Januari 2013 setelah 1 tahun Megaupload telah ditutup oleh FBI. MEGA memiliki 2 Datacenter yang berbeda yaitu Selandia Baru dan Jerman. MEGA memiliki Sertifikat SSL dengan Enkripsi AES 256-bit sehingga file yang disimpan dijamin aman.

Fitur dan kelebihan MEGA :
  • ·         Kapasitas penyimpanan 50GB
  • ·         Kapasitas Bandwidth 10GB per 30 menit
  • ·         Bisa di akses langsung dengan Web Browser yang mendukung HTML5
  • ·   MEGA tidak memiliki hubungan dengan DMCA, SOPA, dan PIPA, jadi siapapun dapat mengupload software dengan tanpa masalah
  • ·         Enkripsi AES 256-bit, file akan aman karena di simpan di MEGA.
  • ·         Bisa mengenkripsi file sendiri dan membukanya dengan kode tertentu


Berikut ini langkah-langkah menggunakan MEGA

  • Buka halaman http://mega.co.nz/ lalu masukkan daftar di situs tersebut jika belum punya akun nya, seperti gambar dibawah ini : 


  • Setelah sign up, maka akan dikirimkan email untuk verifikasi email anda, buka email kalian dan klik yang ada pada inbox dari situs MEGA. Jika semua sudah maka anda akan berada pada tampilan dashboard MEGA seperti gambar dibawah ini:



  • fitur yang diberikan dari MEGA anda dapat membuat folder, mengupload file untuk di share, mengupload folder dll.


Simpulan dan Saran

Cloud Computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi‘) dan pengembangan berbasis Internet (‘awan’). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Berdasarkan jenis layanan-nya, Cloud Computing dibagi menjadi Software as a Service (SaaS), Platform as a Service (PaaS), dan Infrastructure as a Service (IaaS).

Daftar Pustaka 

3. http://www.farrel82.tk/2014/01/5-file-hostingcloud-storage-gratis.html

Waktu akses 30 Maret 2014
  • Definisi dan Penerapan Komputasi Modern pada File Hosting MEGA
  • Unknown
  • Mar 30, 2014
  • No comments:
 

0 comments:

Post a Comment

silahkan tinggalkan komentar anda disini .. :D